18 Juli 2009

Hai Para Pria.. Mau Tenar ? Jadilah Banci

Ini bukan provokasi, cuma sekedar opini. Saya kok agak risih ya melihat tayangan - tayangan di stasiun TV kita mulai dari talk show, acara musik, reality show, infotainment, sinetron, komedi situasi yang hampir semuanya dipenuhi banci atau minimal menampilkan pria yang kelakuannya "mbanci". Sedemikian kuatkah daya tarik orang-orang seperti ini untuk menaikkan rating sebuah acara ? sehingga para pria kemayu inipun kebanjiran order dan nyaris tiada hari tanpa kemunculan mereka di TV.

Ini bukan omong kosong, coba saja lihat betapa laris manisnya mereka. Artis-artis seperti Ruben Onsu, Olga Syahputra dan Ivan Gunawan dengan cepat bisa menjadi selebriti papan atas yang tak pernah kehabisan order sejak kemunculannya pertama kali, tak tanggung-tanggung pekerjaan sebagai presenter, host, aktor komedi situasi, bahkan main film dan jadi penyanyi dijalani sekaligus. Padahal kalau melihat penampilan secara fisik (maaf) jelas mereka tak bisa bersaing dengan artis-artis lain yang bertubuh bagus dan berwajah tampan, jadilah mereka memanfaatkan sifat kebanci-banciannya itu dalam setiap penampilannya yang biasanya dikemas secara kocak dan ternyata disukai masyarakat.

Lambat laun masyarakat kitapun tampak menjadi sangat terbiasa dengan tayangan-tayangan seperti ini dan menjadikannya sebagai tontonan keluarga tanpa memperhatikan efek buruk yang akan ditimbulkannya terhadap anak-anak mereka. Terlalu jauh berteori ? saya rasa tidak, anak-anak membentuk kepribadiannya dari apa yang dilihat, didengar, dicontohkan dan tentunya dari hal-hal yang mereka sukai. Jika dari usia dini mereka sudah dicontohkan untuk menyukai acara-acara seperti ini bisa jadi mereka akan belajar menyukai dan bahkan meniru tingkah kebanci-bancian yang setiap hari mereka tonton itu.

Nah karena daya tarik yang sedemikian besar itu pula tak jarang bahkan seorang laki-laki tulen yang ingin meraih lebih banyak kesuksesan di dunia selebritispun akhirnya bertingkah "mbanci" dan itu berhasil, coba lihat Kabul alias Tessi yang hampir tak pernah tampil tanpa atribut wanitanya, atau lihatlah Eko Patrio yang sukses dengan tingkah kemayunya hingga dapat tampil dimana-mana baik sebagai presenter, Host atau sebagai komedian sementara dua kawannya yang lain yang tetap mempertahankan "ke-lelakiannya" dari dulu ya cuma bisa eksis di dunia lawak saja.

masih banyak lagi contoh laki-laki kemayu yang sukses walau terkadang terlihat kurang mendidik, Dave Hendrick misalnya atau Ade Namnung yang ga jelas apakah dia pria yang bertingkah seperti banci atau memang banci sungguhan, bahkan tak ada dokter yang paling terkenal di televisi selain dokter yang seperti banci, tentunya anda sudah tahu namanya adalah Dokter Boyke. Jadi tunggu apa lagi ? kalau mau cepat terkenal jadilah banci.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Ide bagus

Posting Komentar

Artis Gini - Gitu © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute