25 Juli 2009

Cinta Fitri = Tersanjung ?

Sinetron Cinta Fitri bakal tayang lagi di SCTV, sinetron yang sudah memasuki season ke-4 ini akan mulai ditayangkan pada bulan Ramadhan ini. Kabar baik buat penggemar sinetron ? mungkin.. tapi tunggu dulu, jangan-jangan sinetron ini bakal seperti sinetron tersanjung yang dibuat sampai 360 episode terbagi dalam 7 season dan ditayangkan sejak tahun 1998 - 2005 ! hingga pada akhirnya menurut banyak orang yang setia menonton sinetron ini mereka mengaku dari awalnya senang sampai akhirnya muak menonton sinetron yang ujungnya nggak jelas dan terkesan "dipanjang-panjangin" hingga ceritanyapun berputar-putar tak tentu arah.

Ini bukan sekedar isapan jempol, sinetron Cinta Fitri yang pada season ke-3 nya sudah merampungkan 150 episode, menurut Manoj Punjabi - Presdir MD Entertainment seperti termuat dalam koran Kompas akan dibuat sampai 777 episode ! bahkan melebihi sinetron tersanjung yang dinobatkan oleh MURI sebagai sinetron terpanjang di Indonesia atau bahkan menurut Jaya Suprana sang pemilik MURI sinetron ini juga layak menyandang gelar "sinetron terpanjang di dunia". Itu artinya sinetron Cinta Fitri akan mengalahkan rekor tersanjung.

Apakah Cinta Fitri juga akan berputar-putar nggak jelas? kita saksikan saja nanti. Namun sangat meragukan jika sang sutradara dan penulis skenario mampu menampilkan konflik-konflik baru yang menarik, tidak dipaksakan, dengan cerita yang tidak terkesan dibuat-buat demi memenuhi tuntutan jumlah episode, dan tidak berputar-putar dengan sisa 627 episode yang harus dibuat.

Cinta Fitri, seperti halnya juga Tersanjung, seharusnya dihentikan pada masa sinetron-sinetron itu masih disukai, bukannya menunggu para pemirsanya bosan baru kemudian "di-tamat-kan". Karena dengan begitu tayangan tersebut pasti akan membekas dan meninggalkan kenangan yang indah bagi setiap penonton setianya. Karena sekarang ini jika anda bertanya tentang sinetron Tersanjung, kebanyakan jawaban yang akan anda dapatkan adalah bernada negatif, coba saja tanya "apakah anda tahu sinetron Tersanjung?" maka jawaban yang akan anda terima adalah "ooh.. sinetron yang dulu itu ya yang ceritanya nggak habis-habis itu kan.." biasanya yang diingat orang malah jumlah episodenya yang terlalu panjang..

Mengapa pihak production house melakukan itu? karena rating acaranya bagus, dan rating yang bagus artinya uang. Inilah akibatnya jika seni diatur oleh industri kapitalis yang hanya mengedepankan keuntungan, sehingga menyingkirkan faktor estetis yang seharusnya menjadi unsur terpenting dalam suatu pekerjaan seni. Padahal seni adalah suatu pekerjaan yang tidak bisa dipaksakan. Mungkin mereka berfkir, selama ratingnya bagus mengapa tidak dibuat terus ? selama masih ada yang mau menonton kenapa harus diakhiri?. Mungkin memang ada sebagian orang yang akan merasa kesal jika sinetron kesayangannya tamat dan tidak ditayangkan lagi, tapi orang itu mungkin akan lebih kesal jika sinetronnya kembali ditayangkan dengan cerita yang terlalu dibuat-buat dan tidak bermutu, bahkan mungkin dia akan merasa dibodohi seperti banyak dikatakan penonton setia sinetron Tersanjung.

0 komentar:

Posting Komentar

Artis Gini - Gitu © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute